101 Labs - CompTIA Network+: Hands-on Practical Labs for the CompTIA Network+ Exam (N10-007)

101 Labs - CompTIA Network+: Hands-on Practical Labs for the CompTIA Network+ Exam (N10-007)

Ujian Nasional Tari yang dibuat berdasarkan ritual untuk memuja dewa disebut tari a upacara keagamaan b upacara pernikahan c upacara tanam padi d upacara kematian e upacara khitanan

Tari yang dibuat berdasarkan ritual untuk memuja dewa disebut tari a upacara keagamaan b upacara pernikahan c upacara tanam padi d upacara kematian e upacara khitanan

Tari berdasarkan ritual untuk memuja dewa adalah tari upacara keagamaan (A).

Penjelasan:

Seni tari adalah gerakan badan secara berirama yang dilakukan ditempat dan waktu tertentu yang dipergunakan untuk mengungkapkan pikiran, maksud, serta perasaan. Gerakan penari diiringi oleh musik pengiring sebagai pengatur gerakan sehingga dapat menguatkan maksud yang penari sampaikan lewat tariannya. Suatu tarian merupakan kombinasi dari tiga unsur yaitu wirasa (rasa), wirama (irama), dan wiraga (raga). Ketiga unsur tersebut menyatu menjadi tarian yang serasi sedangkan unsur paling utama dalam tari adalah gerak.

Berdasarkan koreografi atau penyajian tari, tari dibedakan menjadi tiga yaitu :

  1. Tari tunggal yaitu tari yang diperagakan oleh seorang penari, baik laki-laki maupun perempuan.
  2. Tari berpasangan yaitu tari yang diperagakan oleh dua orang secara berpasangan.
  3. Tari kelompok merupakan tari yang dilakukan oleh lebih dari dua orang.

Fungsi seni tari adalah :

  • Tari sebagai upacara adat dan keagamaan. Seni tari digunakan sebagai media persembahan atau pemujaan terhadap kekuatan gaib oleh masyarakat. Persembahan ini disajikan dalam suatu kegiatan upacara sakral yang bertujuan untuk mendapatkan kebahagiaan dan keselamatan.
  • Tari sebagai hiburan dimaksudkan untuk merayakan dan memeriahkan suatu pertemuan atau acara.
  • Tari sebagai pertunjukan mempunyai tujuan untuk memberi pengalaman estetis kepada penonton. Tarian ini dilakukan untuk memperoleh apresiasi sehingga dapat memberikan kepuasan pada mata dan hati penontonnya.
  • Tari sebagai media pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kepekaan estetis melalui pengalaman dan kegiatan berkarya kreatif.

Pelajari Lebih Lanjut :

Pelajari lebih lanjut materi tentang tari upacara keagamaan pada : brainly.co.id/tugas/10704820

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

[answer.2.content]