101 Labs - CompTIA Network+: Hands-on Practical Labs for the CompTIA Network+ Exam (N10-007)

101 Labs - CompTIA Network+: Hands-on Practical Labs for the CompTIA Network+ Exam (N10-007)

Seni Teknik tertua dalam proses pembuatan patung yang kita kenal adalah ....

Teknik tertua dalam proses pembuatan patung yang kita kenal adalah ....

Teknik paling tua dalam pembuatan patung adalah teknik pahat.

Pembahasan:

Patung merupakan karya seni tiga dimensi yang dapat diraba dengan tangan dan dilihat dengan mata. Teknik pembuatan patung terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

1. Teknik Pahat

Teknik pahat merupakan teknik tertua dalam pembuatan patung. Teknik pahat adalah teknik pembuatan patung dengan mengurangi bahan yang dipahat, dibor, atau dipotong. Teknik ini menggunakan bahan dasar kayu, batu, dan bahan keras lainnya. Setelah pahatan selesai, patung diamplas agar lebih halus dan lembut.

2. Teknik Cor

Teknik cor dilakukan dengan mencairkan bahan yang dibentuk menggunakan cetakan dan akan mengeras. Bahan yang digunakan dapat berupa adonan tapioka atau adonan semen.

3. Teknik Cetak

Teknik cetak hampir mirip dengan teknik cor, hanya saja teknik cetak menggunakan bahan lembut yang tidak terlalu keras. Pada teknik cetak juga diberi sentuhan akhir seperti pahatan dan amplas.

4. Teknik Modeling

Teknik modeling dilakukan dengan membuat model terlebih dahulu sebelum patung dibentuk. Bahan yang digunakan pada teknik ini menggunakan plastis seperti tanah liat dan plastisin.

5. Teknik Butsir

Teknik butsir dilakukan dengan menambahkan atau mengurangi bahan pada bagian-bagian dasar patung sehingga hasil patung terbentuk sangat cantik. Bahan yang digunakan adalah bahan lunak seperti tanah liat dan gips.

Berdasarkan penjelasan tersebut, teknik paling tua dalam pembuatan patung adalah teknik pahat.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi teknik pembuatan patung pada https://brainly.co.id/tugas/8999259

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

[answer.2.content]